Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengganti RAM Laptop

ram laptop

Salah satu bagian yang cukup penting dalam menunjang kinerja dari sebuah laptop adalah ram laptop. Karena pentingnya keberadaan ram laptop inilah maka tidak mengherankan saat ada seseorang yang akan membeli sebuah laptop hal yang sering ditanyakan adalah berapa kapasitas RAM nya?.

Dan bagi yang sudah memiliki laptop melakukan pergantian ram dari laptopnya terkadang merupakan suatu hal yang harus dilakukan. Pergantian ini bisa saja terjadi karena memang ram dari laptopnya sudah rusak dan tidak berfungsi dengan bik. Namun seringkali pergantian ini dimaksudkan untuk meningkatkan performa dari laptop. Pergantian ram yang dilakukan untuk meningkatkan performa laptop ini tentunya dilakukan dengan melakukan upgrade yakni mengganti ram laptop yang lama dengan ram laptop baru yang memiliki kapasitas yang lebih besar. Biasanya orang melakukan upgrade ram laptop karena dirasa pekerjaannnya yang sekarang membutuhkan ram yang lebih besar agar performa tetap optimal. Namun untuk upgrade ini tidak semua lapptop bisa melakukannya karena memang tiap laptop sudah ada batas maksimum kapasitas RAM yang bisa dipakai.

Melakukan pergantian atau upgrade ram sebenarnya bukanlah pekerjaan yang terlalu sulit untuk dikerjakan. Dan peralatan yang diperlukan juga bisa dengan mudah kita dapatkan. Sehingga kitapun bisa melakukan sendiri upgrade ram laptop kita.

Akan tetapi meskipun melakukan pergantian dan upgrade ram laptop itu mudah tetap saja kita tidak boleh sembarangan dalam melakukannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pergantian atau upgrade ram yang dilakukan berhasil dan performa dari laptop kembali seperti semula atau jika melakuan upgrade performa meningkat. Paling tidak ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika akan mengganti ram pada sebuah laptop. Beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut antara lain adalah sebagai berikut

Kebutuhan kita
Seberapa besar kebutuhan kita akan upgrade ram laptop yang kita punya. Tentunya jenis pekerjaan yang kita lakukan menggunakan laptop cukup menentukan kebutuhan kita akan ram tersebut. Karena itulah sebaiknya sebelum emlakuan upgrade ram kita harus paham terlebih dahulu berapa besar kapasitas ram laptop yang kita butuhkan.

Jenis mainboard laptop
Pastikan membeli ram upgrade yang cocok dengan main board dari laptop tersebut. Karena itulah belilah ram tipe SODIMM (Small Outline Dual Inline Memory Module) yang memang ditujukan untuk penggunaan pada laptop, jangan membeli ram tipe DIMM yang biasanya dipakai untuk PC karena tidak akan terpakai. Pastikan juga kita tahu jenis ram yang cocok untuk laptop kita apakah laptop kita menggunakan ram tipe DDR3, DDR3L, DDR4 atau yang lainnya. Memasang ram yang tidak sesuai tentunya bisa menyebabkan beberapa hal seperti ram tida terbaca sehingga percuma saja kita melakukan upgrade ram.

OS Laptop
Karena setiap jenis operating system memiliki karakteristik yang berbeda maka pilihlah ram yang sesuai dengan os yang ada pada laptop kita. Masing masing os memiliki batas pembacaan kapasitas memori dari ram laptop. Sebagai contoh untu os Windows 10 Home Edition 64 bit mampu membaca ram hingga maksimal 128 GB. Sementara jika laptop kita menggunakan os Windows 10 Home Edition 32 bit maka jangan berharap terlalu banyak karena os ini hanya mampu membaca ram dengan kapasitas maksimal yang cukup terbatas yakni hanya sekitar 4 GB saja.

Slot RAM
Lihatlah pada laptop ada berapa slot yan tersedia. Jika laptop kita hanya ada 1 slot saja dan sudah terpasang maka untuk melakukan upgrade kita bisa mencopot ram lama dan menggantinya dengan yang ram baru yang berkapasitas lebih besar. Sementara jika laptop kita memiliki slot ram yang masih kosong kita bisa melakukan upgrade dengan menambahkan ram pada slot yang masih kosong tersebut.

Harga RAM
Berbicara tentang harga dari RAM laptop maka bisa dibilang sangat bervariasi, tergantung dari beberapa faktor. Mulai dari kapasitas memori, brand, kecepatan dan lain sebagainya. RAM laptop ini bisa kita dapatkan mulai dari harga beberapa ratus ribu hingga jutaan rupiah